Perkembangan dan Kemajuan Esports di Indonesia

0
195
Kemajuan Esports di Indonesia
Kemajuan Esports di Indonesia

Perkembangan dan kemajuan esports di Indonesia tidak bisa terlepas dari banyaknya pihak yang ikut berpartisipasi dalam upaya ini.

Ajang IDBYTE Esports 2019 berhasil menjadi pembuka yang menunjukkan kemajuan pesat di bidang industri esports.

Bukan hanya di level dunia, pasar esports di Indonesia pun menunjukkan statistik yang luar biasa pada beberapa bagian.

Satu fakta yang akan membuat Anda tercengang adalah jumlah player dan konversi nilai bisnis yang begitu tinggi.

Bahkan, pemain gim di Indonesia sudah mencapai angka 43,7 juta untuk saat ini.

Angka tersebut belum 100 persen karena diperkirakan masih ada pemain gim yang belum terakumulasi. Jadi, bisa dibayangkan sendiri, berapa jumlah pastinya?

Angka tersebut diprediksi akan terus bertambah, terlebih dengan adanya peningkatan jumlah pemain rata-rata 38 persen setiap tahunnya.

Jadi, bisa diperkirakan jika level pertumbuhan industri esports akan terus meningkat.

Fakta lain yang tak kalah mencengangkan, Indonesia menjadi yang paling besar di Asia Tenggara dengan level mencapai angka 880 juta dolar AS.

Potensi yang Terus Berkembang

Kemajuan esports di Indonesia saat ini sudah semakin baik, apalagi beberapa waktu kedepan maka akan semakin meningkat pesat.

Pasalnya, keuntungan yang didapatkan di industri esports ini sudah mencapai Rp 13,2 triliun. Hal ini menunjukkan bahwa para publisher dan pencipta game memiliki pendapatan yang melebihi angka tersebut, meskipun belum ada angka pastinya.

Semakin hari, selisih angka dari Indonesia dengan apa yang beroperasi di kawasan dunia semakin sedikit.

Sekarang ini, pendapatan esports di dunia sudah mencapai angka 1,4 sampai 2,4 miliar dolar AS.

Fakta tersebut membuktikan bahwa pasar esports di Indonesia sudah semakin baik dan mencapai pendapatan yang cukup fantastis.

Chairwoman IDBYTE Esports 2019, Shinta Dhanuwardoyo mengungkapkan bahwa, fakta-fakta dari kemajuan esports di Indonesia tersebut seharusnya membuat semua pihak lebih optimis.

Angka tersebut merupakan tanda bahwa potensi dunis esports di Indonesia bisa terus berkembang, bahkan bisa melebihi apa yang sudah diprediksikan.

Acara ini bukan hanya menunjukkan fakta-fakta mencengangkan dari perkembangan esports di Tanah Air, tetapi juga menjadi momen untuk memberikan edukasi pada masyarakat mengenai manfaat positif dan potensi industri esports yang tengah populer saat ini. Untuk mewujudkan industri esports yang lebih kuat, diperlukan kolaborasi seluruh yang berkepentingan.

Angka Pertumbuhan Esports

Apa yang telah diungkapkan oleh Shinta mendapatkan dukungan dari fakta angka pertumbuhan esports di Tanah Air, dimana sudah mencapai angka 38,2 persen. Selain itu, latar statistik tersebut membuka kesempatan yang makin lebar bagi media pemasaran yang baru untuk esports. Diharapkan, akan semakin banyak pihak yang tertarik dengan dunia esports yang sedang berkembang ini.

Ungkapan tersebut bukan hanya omong kosong semata. Hal ini bisa terlihat dari beberapa brand besar dari luar ekosistem esports yang ikut meramaikan bidang ini. Bahkan, aada 15 brand besar yang sudah bekerja sama di bidang esports, seperti Go-Jek, BCA, Telkomsel, Traveloka, Tokopedia dan masih banyak lainnya.

Banyaknya brand besar yang ikut berpartisipasi di industri esports menjadi bukti bahwa industri ini memiliki potensi yang besar apabila dikembangkan bersama. Hasil yang diraihnya pun akan membuat kita tercengang, karena memang minat masyarakat Tanah Air yang begitu tinggi terhadap esports.

Itulah tadi informasi mengenai perkembangan industri Esports di Indonesia yang semakin maju. Banyak pihak yang ikut berpartisipasi untuk memajukan industri ini agar lebih kuat dan bisa menjadi pesaing yang hebat untuk esports di dunia. Dengan demikian, kemajuan esports di Indonesia akan terus berjalan cepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here