Berbagai Teknik Dribble Bola Basket yang Harus Anda Tahu

0
196
Teknik Dribble Basket
Teknik Dribble Basket

Apakah Anda sudah mengetahui teknik dribble bola basket yang benar? Bermain bola basket pada dasarnya tidak semudah seperti yang Anda lihat.

Ada berbagai macam teknik dasar yang harus dilakukan sehingga Anda dapat bermain basket dengan mahir.

Untuk para pemula, sebelum belajar cara mencetak poin, hal yang harus diketahui terlebih dahulu adalah cara memegang dan dribble.

Memegang bola basket tidak sama seperti memegang benda lain yang memiliki bentuk bulat.

Memegang bola basket memiliki teknik tersendiri yang harus dipelajari, tujuannya agar Anda lebih mudah saat membawanya maupun mendribblenya, sehingga bola tidak mudah terlepas dari genggaman tangan Anda.

Berikut beberapa teknik memegang bola basket dan mendribble bola dengan baik.

Jika Anda mampu memegang bola dengan baik dan melakukan dribble dengan tepat, nantinya Anda akan lebih mudah mengendalikan bola, dan bisa mengopernya sesuka hati.

Berikut cara selengkapnya yang harus Anda ketahui.

Cara Memegang Bola Basket

Sebelum belajar teknik dribble bola basket, Anda bisa belajar cara memegang bola terlebih dahulu.

Pertama, pegang bola membentuk mangkok besar.

Bila ingin memegang bola dengan menggunakan dua tangan, dua tangan inilah yang dibentuk seperti memegang mangkok besar, sedangkan bola berada di antara dua telapak tangan.

Pastikan telapak tangan melekat namun ke belakang sedikit, sembari bagian jari melekat namun dalam keadaan berjarak dengan yang lain.

Letakkan ibu jari ke posisi yang paling dekat dengan tubuh yaitu di bagian belakang bola yang arahnya menghadap di bagian depan.

Kedua, letakkan jari tangan di jalur bola.

Bagian ibu jari dapat Anda letakkan di alur yang lurus serta membentang di bagian tengah bola, sedangkan empat jari lain dapat diletakkan di alur tengah bola.

Perhatikan alur garis. Arah mana pun sebenarnya tak masalah, namun saat memegang bola lebih baik letakkan sesuai dengan alur yang ada.

Teknik Dribble Bola Basket

Terdapat beberapa teknik dribble yang harus Anda ketahui.

Pertama ialah Change of Pace Dribble.
Teknik ini sebenarnya merupakan dribble yang paling umum, biasanya teknik ini digunakan untuk membuat pemain bertahan dan mencari tahu apa langkah berikutnya dengan cara memperlambat atau mempercepat dribble yang dilakukan.

Kedua, low or control dribble.
Teknik ini dilakukan dengan cara membungkukkan badan begitu rendah. Pantulan bola dilakukan sangat pendek. Teknik ini berguna untuk menghindari pencurian bola pemain lawan. Lebih-lebih ketika Anda berhadapan dengan pemain yang memiliki postur tubuh lebih tinggi.

Ketiga, crossover dribble. Pada dasarnya, teknik ini dilakukan dengan cara mendribble bola namun memindahkannya dari tangan satu ke arah lain.
Gerakan ini sangat pas untuk menipu pemain lawan. Namun, kelemahannya jika Anda tidak menggenggam bola dengan kuat, bola akan mudah dicuri lawan.

Keempat, between the legs dribble. Teknik dribble ini mungkin sudah sering Anda lihat, bahkan Anda praktekkan namun belum mengetahui nama tekniknya.

Dribble ini merupakan cara cepat untuk memindahkan bola melalui sela kaki.

Cara ini dilakukan saat pemain dijaga dengan ketat atau saat pemain ingin mengganti arah.

Teknik dribble di atas tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, bagi pemain pemula, tentu saja tidak bisa langsung menguasai berbagai teknik.

Perlu dilakukan latihan secara berkala terlebih dahulu. Teknik ini biasanya harus dikuasai oleh penyerang atau pemain bertahan.

Semoga, teknik dribble bola basket di atas dapat menambah peforma Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here