Jenis Latihan Fisik agar Ahli Bermain Basket

0
273
Latihan Fisik Basket
Latihan Fisik Basket

Siapa bilang latihan fisik hanya dibutuhkan oleh para pemain bola, agar ahli bermain basket, tidak hanya menyempurnakan teknik dasar permainan saja, namun juga melakukan latihan fisik.

Latihan fisik ini merupakan salah satu jenis latihan untuk menguatkan bagian-bagian tubuh penting yang dalam permainan basket seperti kaki, punggung bawah, dan juga lengan atas.

Mengapa harus melakukan latihan fisik? Latihan fisik sendiri dianggap sebagai salah satu jenis latihan yang penting karena dapat meningkatkan stamina serta kekuatan tubuh para pemainnya.

Percuma jika Anda sudah menguasai berbagai teknik permainan dengan baik, namun ketika di lapangan stamina dan kekuatan Anda sangatlah lemah.

Namun agar stamina dan kekuatan dapat terbentuk, Anda tidak bisa asal melakukan latihan fisik begitu saja, lebih-lebih bagi Anda yang masih pemula dalam olahraga ini.

Salah dalam melakukan latihan dapat berakibat fatal.

Ada beberapa jenis latihan fisik yang direkomendasikan yang bisa dicoba. Penasaran apa saja? Ini dia rekomendasinya.

Jenis-jenis Latihan Fisik yang Direkomendasikan

Seseorang yang ahli bermain basket dituntut untuk terus berlari dan sigap menjaga bola dari lawan.

Oleh karena itu, lateral bound atau batas lateral merupakan latihan fisik pertama yang harus dilakukan.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu melakukan squad dengan tumpuan kaki kanan kemudian mendarat menggunakan kaki kiri, lakukan sebanyak 10 kali.

Untuk menjaga kekuatan bagian bawah tubuh pemain, jenis latihan fisik lain yang harus dilakukan yaitu goblet squad.

Caranya, ambil posisi jongkok lalu angkat pinggul bagian bawah. Tumpu badan pada tumit tanpa mengangkat jari kaki, lakukan latihan ini sebanyak 10 kali.

Chin up juga merupakan salah satu jenis latihan fisik yang harus dilakukan agar ahli bermain basket.

Fungsi dari latihan ini yaitu untuk memperkuat otot bisep serta punggung bagian atas.

Cara melakukannya cukup mudah, gantungkan tubuh pada tiang horizontal, lalu angkat tubuh hingga dagu berada di bagian atas tiang.

Keseimbangan tubuh juga sangat penting untuk dimiliki para pemain basket.

Gluteus merupakan jenis latihan fisik yang cocok untuk menyeimbangkan tubuh.

Anda harus telentang, kaki ditekuk lalu letakkan kedua tangan di sisi tubuh. Lalu secara perlahan-lahan, angkat bokong hingga setinggi yang Anda bisa namun tetap pertahankan tangan, agar tegak lurus, lakukan latihan ini 10-20 kali.

Manfaat Latihan Fisik Bagi Para Pemain Basket

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa latihan fisik berguna untuk meningkatkan kekuatan serta stamina para pemain basket, seperti yang dilakukan ahli bermain basket.

Ketika Anda melakukan latihan fisik secara rutin, maka otomatis nutrisi yang masuk kedalam tubuh semakin mudah untuk diserap.

Selain itu, oksigen juga akan semakin mudah masuk kedalam seluruh jaringan tubuh dan dapat membantu sistem kardiovaskular, agar bisa bekerja lebih baik dan efektif lagi.

Ketika suplai oksigen yang masuk kedalam jantung, paru-paru, serta berbagai pembuluh darah lancar, maka energi yang didapat juga semakin banyak.

Walaupun latihan fisik yang telah dipaparkan memiliki manfaat yang banyak, namun jangan terburu-buru untuk melakukannya dalam porsi yang berat.

Jika Anda seorang pemula, maka lakukan latihan secara rutin selama 15 menit.

Jika sudah terbiasa, maka porsi jam latihan bisa semakin ditingkatkan.

Ketika latihan fisik yang baik sudah bisa dilakukan secara rutin, maka tidak hanya permainan basket saja yang semakin meningkat, namun juga tubuh akan menjadi lebih sehat.

Jangan lupa juga untuk mengimbanginya dengan melakukan pola hidup sehat seperti istirahat yang cukup serta makan-makanan sehat, sehingga latihan fisik yang dilakukan tidak akan sia-sia dan Anda bisa menjadi seorang ahli bermain basket yang handal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here