Mitos dan Fakta Menarik Basket yang Mengejutkan

0
565
mitos dan fakta bermain basket
mitos dan fakta bermain basket

Olahraga basket memang menjadi salah satu jenis olahraga yang banyak juga diminati, tetapi ada beberapa fakta menarik basket yang harus Anda ketahui. Fakta ini mengiringi perkembangan permainan bola basket. Bahkan banyak orang yang masih belum mengetahuinya meskipun menyukai permainan ini.

Mengetahui fakta menarik ini akan menjadi hal yang menyenangkan tentunya. Bahkan mungkin mengubah pola pandang Anda terhadap permainan ini. Ada beberapa fakta yang mungkin lucu untuk diketahui tetapi memang benar-benar menjadi latar belakang dari berkembangnya permainan basket di seluruh dunia.

Selain itu, Anda juga sudah sering mendengar tentang mitos yang berkaitan dengan permainan bola basket ini. Kebenaran mitos tersebut tentu saja patut dipertanyakan sudah terbukti atau tidak. Maka Anda juga bisa mempertimbangkan antara mitos dan fakta tentang basket ini sebagai informasi yang menyenangkan.

 

Fakta Menarik Basket yang Perlu Anda Ketahui

Dahulu pada tahun 1900-an para pemain basket bermain di dalam pagar kawat semacam kurungan ayam. Hal ini dilakukan agar para pemain tidak menjatuhi para penonton, tetapi akibatnya banyak pemain yang cidera karena menabrak pembatas kawat tersebut. Sebelumnya, keranjang basket juga tidak berlubang karena menggunakan ember untuk mengambil buah persik.

Salah satu fakta menarik basket yang terjadi sebelum tahun 1900-an, bola yang digunakan untuk bermain basket adalah bola sepak. Bola ini diberikan kapur atau debu batubara agar bisa dipegang dengan baik. Dan satu lagi fakta tentang permainan basket jaman dahulu, laki-laki dilarang menonton saat perempuan sedang bertanding karena dianggap tidak pantas melihat perempuan melakukan olahraga.

Bagi Anda yang memang menyukai permainan ini tentu pernah melihat siluet yang dijadikan logo NBA. Ternyata siluet tersebut diambil dari pemain basket asli yaitu Jerry West. Dia adalah seorang pemain dari Los Angeles Lakers di periode 1960-1974. Anda juga perlu tahu bahwa dalam permainan bola basket di lapangan resmi, para pemainnya akan berlari rata-rata 6 km.

 

Mitos Bermain Basket Menaikkan Tinggi Badan

 

Anda pasti sering mendengar bahwa bermain bola basket akan membantu untuk meningkatkan tinggi badan. Namun ternyata hal ini masih banyak diragukan bukti dan hasilnya benar ada. Banyak yang beranggapan bahwa ketika sedang bermain maka gerakan melompat dan berlari secara terus-menerus akan membantu meregangkan tulang terutama pada tulang kaki.

Saat sedang melompat yang dilakukan terus-menerus maka akan ada suspensi udara melawan gravitasi. Sehingga hal ini menimbulkan adanya peregangan otot dan saat mendarat akan terjadi kontraksi dengan kaki yang tertekan ke permukaan tanah. Adanya kondisi ini menimbulkan guncangan pada lempeng tulang sehingga diproduksilah hormon pertumbuhan yang memang fakta adanya.

Jadi ini adalah fakta menarik basket yang juga perlu Anda ketahui. Bahwa menurut penelitian ketika melompat tubuh akan terstimulasi untuk melepaskan hormon pertumbuhan. Sehingga hal ini yang memengaruh meningkatkan tinggi badan saat sedang bermain olahraga bola basket. Selain itu, olahraga ini juga membantu meningkatkan aliran darah di dalam tubuh terutama di bagian kaki dan tulang belakang.

Namun memang hal ini akan memberikan pengaruh yang besar pada anak-anak. Hal ini dikarenakan pada masa anak-anak akan lebih mudah untuk memproduksi hormon pertumbuhan. Meskipun memang tetap saja untuk menambah tinggi badan juga ikut dipengaruhi oleh banyak faktor lainnya. Hal ini menjadi fakta menarik basket yang bisa Anda pertimbangkan untuk dilakukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here