Tahukah Anda, Apa itu Olahraga E-Sport Sebenarnya?

0
140
E-sport adalah
E-sport adalah

Berkembangnya jenis olahraga elektronik membuat banyak orang bertanya-tanya mengenai apa itu olahraga E-Sport. E-Sport sendiri merupakan jenis olahraga berbasis video game kompetitif yang mana perkembangannya termasuk sangat pesat dan cepat saat ini. Perusahaan-perusahaan besar pun ikut terlibat dalam mensupport berbagai turnamen nasional E-Sport di tanah air.

Secara sekilas, mungkin masih banyak orang bingung bagaimana bisa E-Sport masuk ke dalam klasifikasi cabang olahraga. Sekilas atlet E-Sport memang terlihat tidak membutuhkan ketangkasan fisik yang tinggi, namun permainan ini membutuhkan konsentrasi serta kemampuan reflex yang cepat dan tepat. Hal inilah yang membuatnya diakui sebagai salah satu cabang olahraga saat ini.

Apa itu Olahraga E-Sport?     

Kompetisi E-Sport semakin mendapatkan tempat dan perhatian besar di masyarakat semenjak awal dekade 2010-an. Bahkan kompetisi ini semakin mendapatkan tempat yang dapat diperhitungkan semenjak diakui sebagai salah satu cabang olahraga internasional untuk diperlombakan di turnamen Asian Games 2022. Hal ini menandai babak baru perkembangan olahraga video permainan.

Sebenarnya, kompetisi olahraga elektronik sudah berkembang sejak dekade 2000-an. Pada awal-awal pembentukannya, kompetisi ini hanya diikuti oleh para pemain amatir yang mengikuti turnamen atas dasar hobi atau iseng semata. Namun, hal ini berubah setelah semakin banyaknya peminat video game online di seluruh dunia. Kini kompetisi olahraga elektronik akan diikuti oleh berbagai pemain professional.

Bahkan diikuti oleh tim professional yang memang ahli di bidangnya. Tim-tim ini bukan tim asal terbentuk namun bahkan sudah berlatih sejak jauh-jauh hari. Para pemain E-Sport professional sendiri kini sudah dapat disebut sebagai atlet resmi. Jika melihat definisi apa itu olahraga E-Sport, bisa dibilang olahraga ini akan lebih minim risiko cedera karena permainan tidak menggunakan kekuatan fisik melainkan otak dan ketangkasan.

Ada berbagai genre yang sering dimainkan dalam kompetisi E-Sport. Genre strategi real-time, tembak menembak, arena pertarungan dengan multiplayer, battle ataupun racing menjadi beberapa genre yang paling sering diperlombakan. Anda pun tentu sudah tidak asing dengan turnamen International Championships untuk DOTA 2, Evolution Championship Series, Battle net World dan banyak lainnya.

 Adakah Nilai Positif Bermain Olahraga Elektronik?

Olahraga elektronik memang berbeda dengan olahraga konvensional atau tradisional lainnya yang mengandalkan aktivitas fisik pemain. Sebaliknya, E-Sport lebih banyak membuat para atletnya harus duduk dalam waktu yang cukup lama ketika bermain. Apalagi, penikmat E-Sport lebih banyak berasal dari kalangan muda. Hal ini membuat banyak orang mempertanyakan nilai positif permainan ini.

  1. Meningkatkan Kerja Sama Tim.

Tidak jauh berbeda dari permainan olahraga berkelompok seperti sepak bola, voli, basket dan sebagainya, E-Sport juga membutuhkan kerja sama tim yang solid. Mereka harus memahami karakter permainan teman satu timnya serta memiliki sikap saling percaya. Hal inilah yang menjadi salah satu nilai positif dari olahraga E-Sport.

  1. Problem Solving.

Olahraga E-Sport akan melatih para pemainnya untuk dapat berpikir kreatif, cepat dan tepat dalam menyelesaikan setiap tantangan dan masalah di depannya. Hal ini akan memacu kemampuan problem solving dari setiap anggota tim. Selain itu, para pemain yang kebanyakan berasal dari kalangan muda juga akan lebih mampu berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang-orang baru.

Olahraga E-Sport atau elektronik sport kini semakin berkembang bahkan kini telah resmi diakui sebagai cabang olahraga untuk ajang bergengsi Asian Games 2022. Dengan melihat penjelasan mengenai olahraga E-Sport, Anda bisa melihat bahwa meski tidak terlalu menggunakan fisik, aktivitas olahraga ini ternyata tetap membutuhkan ketangkasan yang menjadi ciri khas turnamen olahraga. Semoga artikel apa itu olahraga E-Sport di atas bermanfaat bagi Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here