Perbedaan Antara E-Sport dan Gaming yang Harus Anda Ketahui

0
114
perbedaan e-sport dan gaming
perbedaan e-sport dan gaming

Bagi orang yang masih cukup asing dengan dunia game, tentu mengalami sedikit kesulitan untuk memahami perbedaan antara E-Sport dan gaming. Masyarakat awam tentu hanya memahami sebatas bahwa E-Sport dan gaming sama-sama orang yang bermain game online. Pemahaman ini ada benarnya karena olahraga elektronik atau E-Sport memang berasal dari dunia gaming.

Umumnya, E-Sport melibatkan pertandingan menggunakan video game online berbentuk multiplayer.

Sebut saja game dengan genre permainan tim atau pun multiplayer seperti League of Legends dan DOTA 2. Selain itu ada pula game online yang hanya melibatkan pemain tunggal. Hal ini merupakan beberapa perbedaan E-Sport dan gaming yang paling jelas terlihat.

Fakta Terkait Pemain E-Sport yang Patut Diketahui

  1. E-Sport sebagai profesi.

Perbedaan antara E-Sport dan gaming yang bisa Anda cermati dari sisi orang yang memainkannya adalah bahwa pemain E-Sport menjadikan kegiatannya sebagai profesi. Bisa dikatakan hampir mirip dengan atlet olahraga pada umumnya. Oleh karena itulah para pemain E-Sport akan selalu menyiapkan diri mengikuti berbagai turnamen.

  1. Pemain E-Sport harus rutin berlatih.

E-Sport tidak hanya dijadikan sebagai media hiburan namun memang sudah menjadi profesi yang digeluti secara professional. Hal inilah yang membuat seorang pemain E-Sport harus rutin berlatih agar kesehatan dan kebugarannya terjaga. Mereka juga harus menjaga asupan makanannya dengan makanan-makanan bergizi dan bernutrisi agar tetap fokus ketika turnamen professional.

  1. Memiliki tim.

Ciri khas para pemain atau atlet E-Sport adalah memiliki tim khusus yang kemudian akan mengikuti berbagai turnamen. Tim ini akan selalu berlatih dengan rutin bersama untuk mengasah kekompakan mereka dalam bermain. Oleh karena itulah dalam setiap pertandingan para tim turnamen ini akan dibedakan dengan seragam khusus tim yang mereka wakili.

  1. Perbedaan antara E-Sport dan gaming berikutnya ialah memiliki seragam.

E-Sport merupakan cabang olahraga yang kini telah diakui secara resmi di berbagai negara seluruh dunia. Hal inilah yang membuat cabang olahraga E-Sport mengharuskan para atletnya menggunakan seragam ketika sedang mengikuti turnamen professional.

 

Fakta Terkait Pemain Game alias Gamers yang Patut Diketahui

Pertama, hanya sebagai sarana hiburan. Para gamers tidak menjadikan kegiatannya bermain game sebagai profesi melainkan sebagai hiburan saja. Oleh karena itu mereka melakukannya ketika merasa stress karena tuntutan pekerjaan atau sekedar mengisi waktu luang. Karena hanya dijadikan sebagai sarana hiburan, gamers pun tidak perlu memiliki jadwal rutin seperti atlet E-Sport. Mereka bermain tanpa tuntutan untuk menjuarai turnamen tertentu.

Kedua, tidak memiliki tim. Para gamers tidak dituntut untuk memiliki tim khusus untuk bermain. Mereka dapat bebas bermain dengan siapa pun bahkan dengan orang tidak dikenal dari berbagai daerah bahkan negara. Mereka juga dapat bermain solo atau sendirian. Hal ini karena para gamers bermain hanya untuk hobi atau hiburan semata.

Ketiga, tidak perlu menggunakan seragam. Gamers yang hanya bermain karena hobi dan bukan karena tuntutan profesi tidak mengharuskan mereka menggunakan seragam khusus. Bahkan mereka tidak perlu memiliki seragam karena mereka hanya bermain untuk hiburan dan dilakukan di mana saja. Gamers bisa bermain kapanpun dari rumah, café, dan di mana pun kapanpun.

Di beberapa negara seperti Eropa, US bahkan China ada beberapa atlet E-Sport yang mampu meraup pendapatan hingga miliaran dalam satu tahun. Hal inilah yang menjadi salah satu perbedaan antara E-Sport dan gaming dari sisi pemainnya, yakni para pemain game biasa alias gamers tentu tidak mendapatkan uang dari aktivitasnya bermain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here