Apakah E-Sport Termasuk Dalam Kategori Olahraga?

0
123
Perbedaan Gaming Dan E-Sport
Perbedaan Gaming Dan E-Sport

Apakah Anda pernah bertanya jika E-Sport termasuk dalam kategori olahraga? Semakin berkembangnya teknologi digital membuat perubahan hampir di semua lini kehidupan. Tidak hanya perubahan dari sisi komunikasi yang semakin mudah, aktivitas perbankan yang lebih cepat, transaksi perbelanjaan namun juga merambah kepada munculnya jenis olahraga baru. Sebut saja E-Sport, olahraga kekinian yang banyak digandrungi kaula muda hari ini.

Berada dalam kategori olahraga elektronik yang mana olahraga ini dilakukan secara elektronik sehingga memang cukup berbeda dari olahraga konvensional atau tradisional biasa. Istilah ini banyak digunakan untuk menyebut permainan video yang dilakukan oleh banyak orang atau multiplayer. Permainan ini pun dilakukan oleh pemain dan tim professional.

Alasan E-Sport Termasuk Dalam Kategori Olahraga

Untuk dapat memahami apakah E-Sport layak untuk masuk ke dalam kategori olahraga atau tidak, maka yang perlu diperhatikan adalah beberapa poin yang dibawa di dalam olahraga elektronik ini. Sebenarnya, meski terlihat simpel karena tidak membutuhkan aktivitas fisik yang besar, permainan ini tetap membutuhkan konsentrasi dan ketangkasan yang tinggi.

  1. Memiliki Nilai Kompetitif.

Olahraga E-Sport juga akan memunculkan sifat kompetitif di dalam permainannya sehingga bisa dikatakan tidak berbeda dari cabang olahraga konvensional lainnya. Olahraga elektronik ini akan menuntut setiap tim atau pemain agar berkompetisi mengalahkan pemain lainnya dan keluar sebagai juara.

  1. Diperlukan Keahlian Khusus.

Tidak semua orang dapat memainkan berbagai video game dengan berbagai genrenya dengan mudah dan cepat. Keahlian dalam memainkan E-Sport akan diperoleh ketika para pemain ataupun atlet terus berlatih dengan konsisten. Selain itu, Anda juga harus memahami bahwa tidak semua pemain E-Sport dapat memainkan genre video game yang lain sama bagusnya dengan video game yang ia tekuni.

  1. Mental serta Fisik yang Siap.

Karena E-Sport termasuk dalam kategori olahraga, hal ini sama seperti permainan olahraga konvensional kebanyakan. Dalam olahraga E-Sport juga akan mendatangkan perasaan tegang, khawatir, dan juga berbagai perasaan campur aduk lain ketika pertandingan dimulai. Hal ini merupakan hal normal yang tak terelakkan akan hadir dalam diri setiap pemain.

Oleh karena itu, kesiapan dari segi mental para pemain E-Sport harus sangat diperhatikan. Mereka harus memiliki mental yang matang, percaya diri, konsentrasi dan fokus penuh hanya pada permainan. Selain itu, pemain juga harus memiliki kesiapan fisik yang baik agar tubuh tetap bugar.

Aturan Umum dalam Permainan E-Sport

Cabang olahraga E-Sport juga memiliki beragam aturan serta kode etik permainan ketika turnamen berlangsung. Bahkan semua aturan ini akan tertuang dalam sebuah regulasi yang cermat dan teliti. Hal ini untuk menghindari adanya bentuk kecurangan yang berlaku selama permainan berlangsung. Bahkan, ketika pemain atau tim terbukti melanggar maka akan dikenai sanksi.

Aturan yang umumnya diterapkan adalah larangan menggunakan atau mengonsumsi obat-obatan tertentu bagi para pemain. Pemain juga dilarang untuk berlaku curang saat di dalam arena permainan. Sebelum memulai maupun seusai permainan, para pemain dari tim yang berbeda akan saling berjabat tangan.

Selain itu, pause ketika berlangsungnya pertandingan juga diperbolehkan, asalkan pihak yang menyatakan pause menyatakan apa alasan mereka melakukan tindakan tersebut. Berbagai peraturan ini harus diikuti layaknya pertandingan olahraga konvensional lainnya. Jadi, tak salah bukan jika E-Sport masuk ke dalam ranah olahraga?

Setiap atlet dan juga tim professional E-Sport dituntut untuk harus rutin berlatih agar dapat meningkatkan keahlian dan matang dalam bekerja sama. Hal ini sama pentingnya dengan kegiatan latihan yang dilakukan oleh para atlet professional di cabang olahraga yang lain mengingat E-Sport termasuk dalam kategori olahraga yang diperhitungkan saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here